Air dan Jalan, Prioritas untuk Wilayah Selatan

  • Selasa, 14 Mei 2019 - 11:52:17 WIB
  • humas
Air dan Jalan, Prioritas untuk Wilayah Selatan

Perjalanan Safari Pemerintah Kabupaten Lombok Timur (Lotim) pada Ramadan 1440 H/ 2019 M malam ke lima tiba di Masjid Besar "Nurul Islam" Desa Keruak, Kecamatan Keruak. Safari yang berlansung Senin Malam (13/05) dipimpin langsung Bupati Lotim H.M.Sukiman Azmy didampingi Jajaran lingkup Pemda Lotim dan Forkopinda.

Pada acara yang dirangkaikan dengan peringatan Nuzulul Qur'an tersebut Camat Keruak, Kamaruddin, S.Sos, menyampaikan salah satu persoalan wilayah Keruak adalah terbatasnya air bersih. Pemenuhan kebutuhan air bersih ini diharapkan dapat diatasi Pemkab mengingat pentingnya air bersih dalam kehidupan masyarakat.


Menjawab hal tersebut Bupati menyampaikan infrastruktur jalan termasuk pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat wilayah selatan. Pemerintah Kabupaten berupaya mencari solusi dengan mencari mata air dan telah menemukan di tiga titik. Yang cukup besar yakni Teraer-aer, Mbung Pesisok yang bisa dialirkan untuk masyarakat selatan "ke depan kita akan (lakukan) pembebasan lahan yang terdapat mata air tersebut, dan kita gunakan jaringan pipa yang sudah ada ataupun milik BWS, yang semua infrastruktur jaringan pipa ini untuk mengalirkan air yang ada, yakni dari utara menuju selatan sehingga tidak ada lagi Daerah di Lombok Timur yang kekurangan air, baik itu air bersih atau pun untuk irigasi," jelasnya.


Sukiman juga menyampaikan rencana pemekaran wilayah selatan Lombok Timur yang diharapkan dapat terwujud setelah dicabutnya moratorium Pemerintah Pusat terkait pemekaran wilayah, nantinya. Untuk itu ia berharap hal ini dapat segera disosialisasikan kepada masyarakat, sehingga tidak menemui kendala dalam pelaksanaannya kelak. Bupati Sukiman juga  menyinggung pemanfaatan dana desa (DD) dan alokasi dana desa (ADD) untuk tidak disalahgunakan sehingga pembangunan di wilayah Keruak dapat berjalan dengan baik, demi masyarakat semakin sejahtera.


Sementara itu pada inti  Hikmah Nuzulul Qur'an Bupati mengingatkan bahwa Al-Qur'an sebagai kitab suci ummat Islam merupakan kitab suci yang paling benar dan tetap terjaga isi dan kandungannya sampai sekarang, yang dijamin langsung oleh Allah SWT. Al Qur'an berisi ajaran yang manusiawi. Apa yang ada dalam Al-Quran terbukti dan dapat dibuktikan secara langsung maupun tidak langsung. Untuk itu ia mengajak ummat muslim di daerah ini memperbanyak membaca Al-Quran di samping amalan-amalan lainnya.


Pada kesempatan tersebut diserahkan bantuan berupa uang sebesar 30 juta dari Pemda Lotim untuk pembangunan Masjid Besar Nurul Islam   dan kitab suci Al-Qur'an dari Kementrian Agama Kab.Lombok Timur, serta Baznas Lombok Timur yang diterima pengurus masjid setempat.

 

  • Selasa, 14 Mei 2019 - 11:52:17 WIB
  • humas

Berita Terkait Lainnya