Bupati Minta Desa Alokasikan ADD dan DD untuk Kesehatan

  • Senin, 17 Juni 2019 - 14:42:10 WIB
  • humas
Bupati Minta Desa Alokasikan ADD dan DD untuk Kesehatan

Bupati Lombok Timur,  H. M. Sukiman Azmy menekankan agar tidak ada satu orang pun di Lotim yang takut datang ke puskesmas karena alasan biaya.. Karena itu ia meminta agar desa menyisihkan Dana ADD dan Dana Desa untuk kesehatan termasuk mengantar orang sakit ke fasilitas kesehatan. Dengan demikian tidak ada lagi penderita yang mati pelan-pelan. Hal itu ditegaskan Bupati saat meresmikan bangunan Puskesmas Aikmel Utara, Senin (17/06).

 

Bupati menyampaikan tahun 2019 ini selain pembangunan infrastruktur, bidang pendidikan dan kesehatan menjadi fokus pemerintah kabupaten Lombok Timur. Menurutnya tiga hal ini dibutuhkan seluruh masyarakat sebagai kebutuhan mendasar. Terkiat pendidikan, Bupati Sukiman meminta agar masyarakat mendirikan sekolah Satu Atap (SD-SMP). Hal ini dimaksudkan mengurangi angka putus sekolah karena alasan akses pendidikan yang sulit. Diharapkan peningkatan akses pendidikan ini dapat pula menekan angka pengangguran dan kriminalitas. 

 

Puskesmas Aikmel Utara adalah Puskesmas ke 34 di Kabupaten Lotim dan dibangun dengan dana kurang lebih sebesar 1,8 Milyar.  Dana ini berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT). Dinas kesehatan Lombok Timur, seperti disampaikan Plt. Kepala Dinasnya, dr. Hasbi Santoso menilai berdasarkan rasio jumlah penduduk, Lombok Timur membutuhkan sedikitya 40 unit Puskesmas.

Keberadaan Puskesmas Aikmel Utara ini mendukung pengembangan Puskemas Aikmel menjadi Rumah Sakit Tipe D. Selain Puskesmas Aikmel, Puskemas Keruak juga akan ditingkatkan menjadi Rumah Sakit Tipe D. Sementara itu Rumah Sakit di Labuhan Haji yang masih belum beroperasi didesain sebagai Rumah Sakit tipe C. Peningkatan pelayanan kesehatan di Lombok Timur juga akan semakin baik dengan peningkatan status  Rumah Sakit Selong menjadi rumah sakit Tipe B. Dengan demikian diharapkan tidak ada lagi pasien yang akan dirujuk ke RS Sanglah Bali atau keluar daerah lain. 


Hadir dalam peresmia tersebut Forkopimcam,  OPD terkait, Camat Aikmel, Toga, Toma dan masyarakat setempat. 

 

  • Senin, 17 Juni 2019 - 14:42:10 WIB
  • humas

Berita Terkait Lainnya