Serah Terima Bantuan Paket Sarana Air Bersih

  • Kamis, 28 Maret 2019 - 08:25:24 WIB
  • humas
Serah Terima Bantuan Paket Sarana Air Bersih

Bantuan Kapal Penumpang dan Sarana Air Bersih tahun 2019 diserahterimakan dari Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertentu Kemendes PDT dan Transmigrasi kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Timur. Penyerahan berlangsung di Desa Tanjung Luar Kecamatan Keruak,  Rabu (27/3).

Pemerintah Lombok Timur yang diwakili Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Lombok Timur, Drs. H. M. Juaini Taofik, M. AP saat menyampaikan terimakasih atas bantuan yang diberikan Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertentu Kemendes PDT dan Transmigrasi. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat yang tinggal di Gili Maringkik dan Jerowaru pada umumnya.


Selain itu berbagai kebijakan dan program diupayakan Pemda Kabupaten Lombok Timur untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan memperhatikan perkembangan dan dinamika masyarakat termasuk belum meratanya pembangunan infrastruktur wilayah pada bidang transportasi, energi, irigasi, air bersih, sanitasi, perumahan, dan permukiman.


Kondisi infrastruktur masih membutuhkan dorongan yang signifikan. Sementara infrastruktur fisik seperti jalan dan jembatan penting untuk meningkatkan keterhubungan, yang nantinya akan berdampak pada peningkatan perekonomian, yang secara langsung terkait erat dengan kesejahteraa. Demikian juga dengan kebutuhan air bersih dan sarana irigasi.


Dari itulah Pemda Lombok Timur tahun ini melakukan program pembangunan  infrastruktur dengan penganggaran kegiatan Tahun Jamak.
Anggaran untuk penganggaran kegiatan tahun jamak (multi years) ini sebesar Rp 300 Milyar, meliputi  penganggaran peningkatan jalan strategis di seluruh wilayah Kabupaten Lombok Timur secara proporsional sebesar Rp 235 Milyar, pembangunan sarana irigasi prioritas sebesar Rp 50 Milyar dan pembangunan sistem penyediaan air minum bagi masyarakat sebesar Rp 15 Milyar.
Sementera itu untuk penyediaan sarana dan prasarana penangkapan ikan senilai Rp.2,93 milyar, disamping kegiatan lain yang ditujukan untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan dan sumber daya nelayan seperti temu lapang pelaku usaha dan penyelenggaraan tempat pelelangan ikan. Di bidang pengolahan hasil perikanan lebih ditekankan kepada pelatihan dan pembinaan kelompok usaha perikanan, peningkatan mutu produk pengolahan hasil perikanan, pengadaan peralatan pengolahan hasil dan fasilitasi pemasaran produk perikanan senilai 435 juta rupiah.

 

Sementara itu Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertentu Kemendes PDT dan Transmigrasi RI,  Ir. Hj. Aisyah Gamawati,  MM dalam sambutanya mengatakan bantuan ini merupakan upaya peningkatan kesejahteraan, mengatasi kesenjangan, mengurangi ketertinggalan, dan peningkatan integrasi bangsa. Pemerintah mengembangkan berbagai kebijakan pembangunan nasional guna mendukung pembangunan Indonesia dari pinggirian, perbatasan dan perdesaan. Diakuinya masih banyak kelemahan dan permasalahan dalam pengembangan daerah pulau kecil dan terluar, seperti kurangnya efektivitas ekonomi, endahnya produktivitas dan tingkat kesejahteraan masyarakat serta terbatasnya ketersediaan dan keterjangkauan sarana dan prasarana.
Khusus untuk kegiatan daerah pulau kecil dan terluar di Kabupaten Lombok Timur Direktorat PDPKT telah memberikan bantuan pemerintah berupa 1 buah kapal barang di tahun 2017, 1 buah kapal penumpang tahun 2018, satu paket sarana air bersih di Gili Maringkik tahun 2018 dan 1 paket sarana air bersih di Gili Belek tahun 2019 ini.

  • Kamis, 28 Maret 2019 - 08:25:24 WIB
  • humas

Berita Terkait Lainnya