Dewan Sampaikan 17 Rekomendasi Kepada Pemkab

  • Kamis, 11 April 2019 - 08:34:18 WIB
  • humas
Dewan Sampaikan 17 Rekomendasi Kepada Pemkab

DPRD Kabupaaten Lombok Timur mengapresiasi kebijakaan pengelolaan keuangan daerah dan merekomendasikan sejumlah poin kepada Pemerintah Kabupaten Lombok Timur. Hal itu terungkap pada rapat paripurna ke IX rapat ke II masa sidang ke tiga tahun 2019 DPRD Kabupaten Lombok Timur yang mengagendakan penetapan Keputusan Dewan terhadap laporan keterangan pertanggungjawaban  (LKPJ)  Kepala Daerah tahun 2018 menjadi Keputusan DPRD Lombok Timur Nomor 7 Tahun 2019 tentang Rekomendasi DPRD Kabupaten Lombok Timur terhadap Laporan Keterangan Pertanggungjawaban Kepala Daerah Tahun Anggaran 2018.


Pada rapat yang berlangsung Rabu, 10 April tersebut DPRD juga merekomendasikan peningkatan pembangunan bidang Aparatur Sipil Daerah, utamanya peningkatan profesionalisme SDM. Di samping itu Pemerintah juga diminta merencanakan secara konsisten pembangunan infrstruktur di Kabupaten Lombok Timur secara merata, berimbang dan berkeadilan. Sementara itu terkait Pemerintahan Desa, seperti wacana pemekaran desa, perangkat desa, pengelolaan asset desa, Bupati diminta  segera menyiapkan regulasinya, baik berupa Rancangan Peraturan Daerah,  Peraturan Bupati, maupun petunjuk pelaksanan (Juklak) dan petunjuk (Juknis).


Rekomendasi lainnya adalah di bidang pertanian yaitu tata kelola bawang putih terkait stabilitas harga dan penyerapan produksi. Iklim investasi yang kondusif juga masuk dalam rekomendasi dewan.


Rekomendasi tersebut termuat dalam laporan gabungan Komisi I DPRD terkait kebijakan pemerintah daerah yang dibacakan  Juru bicara  Komisi  I Asmad, SH, dan Gabungan komisi II DPRD terkait kebijakan pemerintah daerah dalam LKPJ yang disampaikan juru bicara Komisi II Hj. Cahya Suryani.

Wakil Bupati H.Rumaksi Sj, SH yang hadir pada kesempatan itu  menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD, serta Ketua dan seluruh Anggota Pansus LKPJ, atas kesediaannya membahas dan menyampaikan masukan maupun saran  untuk peningkatan kinerja Pemerintah Daerah secara umum, maupun perbaikan substansi Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Bupati atas pelaksanaan APBD Tahun 2018. Saran dan masukan tersebut menjadi bahan penyempurmaan LKPJ di tahun-tahun mendatang.

Acara yang berlangsung di ruang rapat DPRD Kabupaten Lombok Timur ini juga dihadiri Ketua dan wakil Ketua serta anggota DPRD Kabupaten Lombok Timur, Forkopimda, serta Kepala OPD lingkup Pemerintah Lombok Timur.

 

  • Kamis, 11 April 2019 - 08:34:18 WIB
  • humas

Berita Terkait Lainnya