Bupati Harapkan Partisipasi Pemilih Lotim di Atas 75 Persen

  • Senin, 15 April 2019 - 07:50:43 WIB
  • humas
Bupati Harapkan Partisipasi Pemilih Lotim di Atas 75 Persen

Bupati Lombok Timur   HM Sukiman Azmy, MM mengajak semua pihak untuk menghapus paradigma Lotim sebagai wilayah paling rawan menjadi paling aman. Ajkan itu disampaikan saat menghadiri Silaturrahmi Kamtibmas bersama Penyelenggara Pemilu, Forkopimcam dan Kades/ Lurah guna menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif menjelang Pemilu 2019 di Wilayah Hukum Polres Lotim. 


Sukiman juga berharap Pemilu 2019 di wilayah Lombok Timur berhasil, setidaknya dengan angka partisipasi pemilih di atas tujuhpuluh lima persen. Kaitan dengan itu ia meminta Kepala Desa, selain menghimbau masyarakat untuk datang memilih, diharapkan pula adanya inisiatif untuk membuat TPS yang dapat menarik pemilih untuk datang, menyalurkan hak pilihnya.

 

Bupati juga meminta Camat dan Kades mengambil kebijakan mengantisipasi dan membantu petugas TPS, serta sedapat mungkin memantau TPS yang ada di wilayah masing - masing, "Mari jaga kondusivitas di tengah masyarakat, jangan ada lagi jual beli suara. Saya berharap pemilu tahun 2019 berjalan dengan aman, lancar dan sukses, seperti saat pelaksanaan Pilkada 2018 lalu."


Sementara itu Kapolres Lotim AKBP Ida Bagus Made Winarta, S.I.K dalam sambutannya menyampaikan hingga saat ini Lombok Timur masih dalam keadaan aman dan kondusif, dan berharap kondusivitas ini dapat terjaga sampai pemungutan suara nanti. Menurutnya hal tersebut tidak terlepas dari upaya bersama dari tingkat desa hingga kabupaten, "Kami bersama seluruh komponen yang ada telah melaksanakan cipkon pemilu damai baik dengan melaksanakan coffee morning, pemasangan baner himbauan, sosialisasi melalui media sosial dan giat penggalangan lainnya," ungkapnya.


Polres Lotim telah mendapatkan BKO dari Polda dan telah didorong ke Polsek masing masing serta diarahkan untuk segera memahami karakteristik masyarakat di lokasi penugasan. Dengan keterbatasan personel diharapkan Kades/ Lurah dapat membantu dengan membentuk Pamswakarsa secara swadaya. "Mari kita samakan persepsi dan langkah untuk membawa Pemilu di wilayah Kabupaten Lombok Timur ini dalam situasi gembira dan aman," harapnya.


Hal yang sama disampaikan Dandim 1615 /Lotim Letkol Inf. Agus Prihanto Doni Pamungkas. Dikatakannya, TNI khususnya 1615/Lotim siap membantu kepolisian menyukseskan Pemilu 2019 dan dalam posisi Netral.


Hubungan kerja dan soliditas Lombok Timur dinilai baik oleh berbagai pihak, termasuk jajaran KPU. Hal itu seperti diungkapkan Ketua KPU Lotim, DR. M. Junaidi. Menurutnya ada tiga hal yang berkaitan dengan pemilu yaitu, peserta, pemilih, dan penyelenggara yang semua telah mengikuti tahapan pemilu dengan baik. Junaidi menyampaikan persiapan dalam tahapan pemilu 2019 telah mencapai 97 persen. Tiga persennya adalah pelaksnaan di TPS.


Terkait Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) secara nasional yang  dirilis  Bawaslu RI menunjukkan Lotim tidak lagi berada di posisi rawan. Dari 21 Kecamatan, lima Kecamatan yaitu,  Jerowaru, Masbagik, Pringgasela, Aikmel, dan Montong Gading masih disebut berada di posisi rawan.

 

Kegiatan yang berlangsung di Gedung Dharma Bhayangkara Polres Lotim, Sabtu (13/4) dan dihadiri Danramil, Kapolsek dan Camat  serta Kades/ Lurah se-Kab Lotim tersebut dilanjutkan dengan diskusi.

  • Senin, 15 April 2019 - 07:50:43 WIB
  • humas

Berita Terkait Lainnya