MTQ Tingkat Kabupaten Lombok Timur DIbuka

  • Senin, 29 April 2019 - 08:00:12 WIB
  • humas
MTQ Tingkat Kabupaten Lombok Timur DIbuka

Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) XXVIIl Tingkat Kabupaten Lombok Timur resmi dibuka Bupati H.M.Sukiman Azmy. Pembukaan acara yang berlangsung Sabtu (27/04) 21 Sya'ban 1440 H ditandai dengan pemukulan bedug. MTQ tingkat Kabupaten Lombok Timur yang mengangkat tema " Menuju Generasi Qurani" tersebut akan digelar selama tujuh hari atau berakhir pada 3 Mei 2019.


Bupati H.M.Sukiman Azmy dalam sambutannya mengatakan MTQ kali ini diselenggarakan dengan sederhana, menjelang pelaksanaan bulan suci Ramadhan, yang tentunya memiliki keistimewaan. Kesederhanaan ini diharapkan memunculkan prestasi baik di tingkat provinsi, nasional maupun international, sebagaimana sudah diukir para kafilah, qori'/qoriah yang berasal dari Lotim. Bupati berharap pula agar pada MTQ tingkat Provinsi mendatang peringkat Lombok Timur semakin membaik.

Ia mengungkapkan kesederhanaan MTQ ini harus diambil hikmahnya juga keberkatan dari Al Qur'an. Apalagi masyarakat juga antusias menyambut kegiatan ini.

Pada kesempatan itu, Mantan Dandim 1615 Lotim ini, tema yang diambil pada MTQ ini tidak akan terwujud jika tidak pernah membaca Al Qur'an dan memahami artinya untuk kemudian mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.  Bupati mengingatkan: "Allah telah menjanjikan kepada umatnya akan memberikan pahala yang berlipat ganda kepada umatnya, yang sering membaca Al Qur'an."  Oleh karena itu Sukiman berharap melalui MTQ ini masyarakat dapat mulai membiasakan diri membaca Al-Quran.

 

MTQ tahun ini diikuti sebanyak 572 orang, dari 21 Kecamatan se Kab.Lombok Timur, di mana seluruh peserta diinapkan di dua tempat yakni Green Ory Inn Hotel Tete Batu dan Mountain Hotel resort.

Sementara itu terdapat duapuluhdua cabang Lomba di antaranya cabang Tilawah Anak, Remaja dan Dewasa, Cabang Cacat Netra, Cabang Qira'atussob'ah Dewasa dan Remaja, Cabang Tartil Al-Qur'an, Cabang Tahfiz 1 dan 5 Juz Tilawah, Cabang Tahfiz 10, 20, 30 Juz, Tafsir Bahasa Arab, Inggris dan Indonesia, Cabang Khaf Al-Qur'an Gol Naskah, Dekorasi, Cabang Fahmil Qur'an, Syahril dan Musabaqoh Maskah Ilmiah Al-Qur'an.


Seluruh Cabang omba akan dilaksanakan di tujuh majelis, yaitu:
1. Cabang Tilawah Anak, Remaja dan Dewasa berada dimajelis 1 diarena medan MTQ.
2. Cabang Tilawah Gol. cacat netra, Qira'atussab'ah dimajelis 2 Masjid Jami' Al-Muttaqin Tete Batu.
3. Cabang Tahfiz 10,20, 30 juz dan Cabang Tafsuir Bahasa Inggris, Indonesia dan Arab dimajelis 3 Masjid Jami' Syafaturragibin Lekong Putek Desa Tete Batu Selatan.
4. Cabang Tartil Al-Qur'an dan Tahfiz 1,5 juz dan Tilawah dimajleis 4 Musholla Raudatul Ihsan Lekong Pituk Desa Tete Batu Selatan.
5. Cabang Fahmil Qur'an dan syarhil Qur'an di Majelis 5 SMP 3 Sikur.
6. Cabang khat Al-Qur'an Gol Naskah dan Dekorasi dimajelis 5 Aula Grren Orry inn Hotel dan
7. Cabang M2IQ dimajelis 7 Aula Mountain Hotel resort.
 

Kegiatan yang dipusatkan di Desa Wisata Tete Batu, Kecamatan Sikur ini juga dihadiri Forkopimda, Kepala OPD, Camat,  Lurah/Kades, Ketua TP. PKK Kabupaten Lombok Timur dan masyarakat setempat. Pemilihan Tete Batu sebagai lokasi merupakan bentuk akselerasi berbagai kegiatan pembangunan di Lombok Timur, dalam hal ini untuk mendukung geliat wisata yang diimplementasikan melalui desa wisata.

  • Senin, 29 April 2019 - 08:00:12 WIB
  • humas

Berita Terkait Lainnya